Capung sudah tua banget ternyata


akutau.com - Hai teman teman, siapa yang belum pernah lihat capung...? atau malah belum pernah denger nama capung...? atau sudah pernah dengar tapi belum tau capung itu apa...? nah sedikit dibahas yuk tentang capung di halaman ini, jangan banyak banyak, nanti bosen bacanya... hehehe....

Capung serangga terbang yang mirip helikopter ini memiliki banyak keunikan, tapi kali ini kita mau bahas tentang usia capung dulu ya... ternyata capung telah mengudara jauh sebelum peradaban manusia ada, diperkirakan capung telah ada sejak 300.000.000 tahun yang lalu, iya 300juta tahun yang lalu, menurut peneliti fosil capung terbesar yang ditemukan memiliki lebar sayap 300cm atau 3meter loh teman, wah makin mirip helikopter ya berarti...
sumber gambar : https://pixabay.com
Bahkan ada penelitianr baru yang menjelaskan kalau ternyata capung adalah serangga pertama yang mampu terbang, yang berarti capung juga nenek moyang dari serangga terbang, ini kutipannya teman teman,
Para ilmuwan analis genetik Commonwealth of Scientific and Industrial Research Organization (CSIRO), telah menemukan tentang evolusi serangga yang berasal dari 480 juta tahun lalu memiliki kemampuan untuk terbang setelah 80 juta tahun kemudian.
 Penelitian yang melibatkan lebih dari 100 peneliti yang berasal dari 16 negara dan termasuk lima dari SCIRO, telah mengumumkan hasil tentang evolusi makhluk hidup dari kelompok serangga, hari ini, Jumat 7 November 2014.
"Penelitian kami menunjukkan bahwa serangga awalnya hanya hidup di darat, sekitar 480 juta tahun yang lalu," David Yeates, direktur CSIRO Australia National Insect Collection, seperti dilansir NewsXinhuanet, Jumat (7/11/2014).
Menurut Yeates, sekitar 400 juta tahun lalu, nenek moyang capung yang ada saat ini adalah serangga yang pertama mengembangkan sayap dam memiliki kemampuan untuk terbang jauh sebelum serangga dari jenis lain melakukannya.
"Beberapa capung ini dengan cepat mengembangkan sayap dengan lebar hingga 70 cm, untuk menghindar dari predator dengan cepat,” jelas Dr. Yeates.

wah berarti nenek buyutnya nenek buyut buyut buyutnya buyut capung juga nenek buyutnya nenek buyut buyut buyutnya buyut kupu kupu mungkin ya...? Subhanallah memang dunia itu penuh misteri pokoknya ya, teman teman ikut jaga lingkungan ya, biar capung tidak unah, dan kita masih bisa lihat capung disekitar rumah... :D

Sumber artikel :
1. faktaunik.web.id 2. http://techno.okezone.com 3. http://www.amazine.co



About Aku Tau

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment