Madu Ternyata satu satunya bahan makanan yang tidak bisa basi






akutau.com - Hai teman-teman, siapa yang tidak kenal madu, cairan kental manis dari lebah kesukaan Winnie the Pooh ini ternyata memiliki segudang cerita lho, kali ini kita mau bahas tentang madu yang ternyata bisa bertahan sangat lama lho, dan malah katanya madu tidak ada batas kadaluarsanya, wah kenapa ya....? coba cari tahu yukkk....!!!

sumber gambar : http://maduaslikalimantan.com/wp-content/uploads/2015/04/Madu-Asli.jpg

Madu memiliki lama simpan yang baik. Madu tertua bahkan pernah disimpan selama 3000 tahun. Gula memiliki sifat higroskopis, yang berarti menyerap kelembaban. Ketika mikroba bersentuhan dengan madu, mereka malah mengerut dan mati. Sifat ini pula yang membuat makanan ini anti pertumbuhan ragi dan jamur. Madu alami atau asli harus benar-benar murni dari alam. Secara alami yang dibuat oleh lebah. Kalau madu palsu yang terdapat dipasaran itu bisa basi !! Madu palsu adalah madu campuran. Madu buatan yang dibuat dengan campuran air, gula, peras, pewarna buatan serta zat kimia lainnya. Kalau lebih amannya, coba aja langsung beli madu yang langsung berasal dari sarang lebahnya, tapi lebahnya jangan dibeli juga, hahaha. :D Cara menyimpan Madu agar awet bertahun-tahun

1. Disimpan diwadah kering dan tertutup Hal yang wajib bila ingin menyimpan madu tetap awet. Simpan madu ditempat yang kering dan tertutup. Wadah harus benar-benar kedap udara dan kedap air. Sebaiknya madu juga jangan disimpan didalam kulkas. Gunakan sendok kayu atau plastik saat mengambilnya, Jangan gunakan sendok logam karena akan mempengaruhi kemurnian madunya.
sumber gambar : http://cara.media/wp-content/uploads/2014/09/madu.jpg
 
 2. Simpan pada tempat pada suhu 5-27 derajat celcius Pastikan disimpan dalam keadaan udara kering dengan kelembaban tidak melebihi dari 20 %. Suhu yang terlalu tinggi akan menghilangkan sifat antibakteria semulajadi di dalam madu.

3. Mengekalkan khasiat madu yang disimpan Jika madu yang disimpan membeku, cara mencairkannya kembali adalah dengan cara meletakan bekas madu didalam air panas yang suhunya tidak lebih dari 40 derajat celcius. Jika suhu terlalu tinggi, khasiat madu akan hilang.


Wah ternyata lebah sipembuat madu itu hebat ya, Subhanallah.... pantas Allah menyebutnya di Al-Qur'an juga.

"Mudah mudahan artikel ini bisa menambah pengetahuan kita ya teman-teman, kalau ada yang mau ikut nulis silahkan kirim artikel ke link kontribusi ya, mari saling berbagi... :D"                
Cara menyimpan Madu agar awet bertahun-tahun

Sumber: http://animenakushinta.blogspot.co.id/2014/08/madu-asli-bisa-tahan-selama-3000-tahun.html
Sekumpulan Anime, Software, dan Game Yugioh

About Aku Tau

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment