Wahhh... semut bisa mengangkat 50x berat tubuhnya...

akutau.com - Siapa yang belum kenal semut, binatang kecil yang suka makanan manis ini ternyata tak seremeh ukurannya lho, dibalik tubuhnya yang kecil ternyata semut memiliki kekuatan yang luar biasa ternyata lho.
Umber gambarv : amazine.co
Semut itu ternyata binatang yang sangat kuat, kita manusia bisa mengangkat beban 2x dari berat tubuh kita aja sudah sangat hebat, bandingkan dengan semut yang mampu mengangkat 50x berat tubuhnya, wah itu setara mengangkat berat 2500kg jika kita berat badan 50kg, wah nyerah dah kalau saya saingan sama semut... :D

Selain kuat semut ternyata juga emiliki banyak hal menarik, berikut kutipan hal tentang semut.

Serangga Pintar

 Diantara serangga, semut merupakan hewan yang memiliki otak paling besar, terdiri dari sekitar 250.000 sel otak.

 

Pembagian Tugas

Ukuran ratu semut lebih besar daripada budaknya. Tugas utama ratu adalah memproduksi telur yang jumlahnya bisa mencapai ribuan. Semut jantan biasanya memiliki tubuh yang kecil, bertugas membuahi sang ratu dan akan mati setelah beberapa hari. Sementara semut pekerja bertugas untuk mencari makan, merawat bayi, membangun sarang dan menjaga koloni. Sedangkan semut tentara bertugas menjaga sarang.

Mendengar dengan Kaki

Sebenarnya semut tidak bisa mendengar, karena tidak memiliki telinga. Namun hewan ini mampu merasakan suara lewat getaran. Untuk mengenali suara disekelilingnya, semut mengandalkan satu sensor khusus pada lutut dan kaki.

 

Dermawan

Semut umumnya memiliki dua perut, satu digunakan untuk mengolah makanan untuk tubuhnya dan yang lain digunakan untuk berbagi makanan dengan semut lainnya di koloni.

Umur Semut

Sementara ratu semut bisa hidup sampai 20 tahun, semut pekerja hanya mampu bertahan hidup sekitar 45-60 hari. Dan jika ratu mati, maka dalam beberapa bulan koloni semut tersebut akan musnah.

 

Perang Semut

Setiap koloni semut memiliki wilayah masing-masing. Tidak jarang satu koloni semut berusaha memperluas wilayah kekuasaan mereka. Jika ini terjadi, maka perang akan meletus, yang bisa berlangsung selama beberapa jam, atau bahkan beberapa minggu.




About Aku Tau

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment