Anjing ternyata mampu mengerti hingga 250 bahasa dan isyarat

akutau.com - Siapa yang suka sama anjing atau dirumah pelihara anjing, wah pasti lucu banget ya anjingnya, tapi kadang ada juga yang serem, hiii...

Teman teman tau kah ada beberapa hal yang menarik dari anjing peliharaan teman teman...? Binatang lucu dan pintar yang ini memang sangat menarik unntuk jadi sahabat teman teman diruma, tapi banyak hal menarik lain yang mungkin belum teman teman tau tentang anjing, dibahas satu per satu yuk....

1. Anjing bisa bedakan warna

Tahukah teman teman, anjing ternyata bisa membedakan warna, meski banyak mitos yang mengatakan bahwa anjing hanya bisa membedakan warna putih dan hitam akan tetapi sebenarnya anjing tidak buta warna, mereka dapat membedakan warna. Walaupun tidak seperti manusia yang dapat melihat jutaan warna, anjing pada kenyataannya tidak selalu melihat segalanya dalam hitam putih.
Memang, Anjing tidak dapat membedakan warna antara warna hijau dan merah, namun anjing dapat melihat warna dalam bentuk bayangan kuning atau biru.


2. Anjing juga doyan sayuran

 Memang pada dasarnya Tidaklah jarang anjing digambarkan sebagai hewan yang Karnivora yakni sebagian besar cakupan makanan mereka adalah berupa  daging.   Akan tetapi tahukah teman bahwa sebenarnya anjing menyukai sayuran dan buah-buahan mentah. Sayuran dan buah-buahan ini bertindak sebagai snack makanan yang membuat tubuh, kulit, dan bulu mereka menjadi lebih sehat. Ditambah lagi tekstur dari sayur membuat gigi mereka menjadi putih dibandingkan jika hanya mengkonsumsi daging.  Namun perlu diketahui untuk hindari sayuran berupa jenis bawang atau kismis dari anjing Anda. Hal itu dapat mengakibatkan racun bagi hewan

3. Jangan Pernah Memberikan Coklat

Sebagai pecinta anjing teman mungkin pernah mendengar mitos mengenai coklat yang dapat berakibat racun bagi anjing. Jika kebanyakan mitos itu salah, namun yang satu ini ternyata benar adanya. Coklat memiliki kandungan kimia yaitu Theobromine dan merupakan racun yang dapat berakibat fatal bagi anjing apabila dikonsumsi antara 100-150 mg dari berat keseluruhan perkilogram Anjing.  Andai kata anjing kita beratnya adalah 10 kg, maka 1-1,5 gram kandungan Theobromine pada coklat dapat menjadi racun fatal bagi anjing kesayangan kita.

4. Anjing yang Pendiam Berumur Lebih Panjang Dari Anjing Agresif

Telah dilakukan penelitian pada Juni tahun 2010 lalu oleh The American Naturalist terhadap 56 jenis anjing. Penelitian tersebut berusaha mencari tahu berbagai faktor yang menentukan energi, kepribadian, pertumbuhan dan jangka hidup anjing.
Ternyata anjing dengan yag agresif atau galak memiliki pertumbuhan yang cepat dan meninggal muda. Hal sebaliknya juga terjadi yakni anjing yang jinak atau tidak terlalu agresif akan memiliki jangka hidup yang lebih panjang.

5. Anjing dapat Mencium Penyakit

Anjing memiliki penicuman yang sangat tajam dan hal itu sudah diketahui secara umum, namun ternyata anjing juga dapat mencium penyakit. Jika anda memiliki kanker, diabetes atau epilepsi, mungkin hewan pertama yang mengatahui hal tersebut adalah anjing.
Dalam studi penelitian ternyata anjing dapat dilatih untuk mengendus penyakit kanker yaitu pada paru-paru, payudara, kulit dan prostat. Para peneliti menduga bahwa anjing dapat mencium bau berbeda yang dikeluarkan dari orang dengan sel yang abnormal atau sedang sakit.

6. Anjing sangat Sensitif Terhadap Petir

Tahukah Anda bahwa guntur atau petir yang terjadi ketika hujan dapat mengakibatkan frekuensi atau getaran yang membuat telinga anjing sampai sakit? Oleh karena itu jika terjadi guntur atau petir, terkadang anjing terkejut dan menggonggong itu karena mereka sangat sensitif terhadap petir hingga batas telinga mereka sakit karena hal tersebut.

7. Anjing Suka Makan Es Krim

Tidak hanya bagi manusia, ternyata es krim juga dapat menjadi snack bagi para anjing. Es krim tersebut dapat bertindak sebagai pengganti air ketika mereka dehidrasi. Es krim memiliki nutrisi dan vitamin cair yang dapat membuat bulu mereka lebih sehat. Namun seperti yang dikatakan sebelumnya, hati-hatilah jika es krim itu adalah es krim coklat karena malah akan menjadi racun bagi seekor anjing.

8. Anjing Memakan Kotoran dan Rumput

Jangan kaget, karena hal ini sudah sering terjadi pada beberapa anjing jika merekakekurangan mineral dan nutrisi. Bahkan mereka dapat memakan kotoran mereka sendiri untuk mengambil mineral dan nutrisi dalam kotoran tersebut.
Sedangkan untuk rumput, anjing memakannya agar membantu pengolahan pencernaan mereka atau ketika mereka merasa tidak nyaman dan ingin memuntahkan sesuatu yang menggangu tubuh mereka.

9. Anjing Dapat Cemburu


Sama halnya seperti manusia, ternyata anjing juga dapat cemburu. Mungkin ini terdengar aneh bahwa anjing memiliki perasaan cemburu layaknya manusia, namun dalam sebuah studi menunjukkan ternyata anjing dapat mengekspresikan kecemburuan mereka. Itu terlihat dari kemiripan hormon oxytocin yang juga ada di manusia dimana hal itu dapat terlihat saat seekor anjing dan juga manusia mengekspresikan cinta dan kecemburuan mereka.

10. Anjing Dapat Dilatih Memahami Kata-Kata Manusia

Ternyata anjing pada umumnya dapat mengerti dan mengingat hingga 150 kata. Akan tetapi bagi ras anjing yang lebih pintar, mereka dapat mengingat dan mengerti hingga 250 kata yang telah diajarkan oleh manusia. Contohnya ketika kamu meatih anjing kamu untuk duduk, berbaring, berputar, mengejar, mengikuti, atau hingga pura-pura mati.



About Aku Tau

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment