Buah Anggur mirip dengan Alveoli yang ada di Paru paru

akutau.com - Wah siang siang lihat anggur jadi kepengen makan anggur, manis, asam, seger dimakan panas panas begini, siapa yang suka sama buah mirip kelereng warna ungu ini...? apa lagi sekarang sudah ada anggur yang tanpa biji, jadi makin mudah makannya. hm... nyam..nyam...nyam...

Lagi kepengen anggur, sambil baca baca nemu artikel seru lho tentang buah anggur, mungkin ada teman teman yang belum tau, buah yang satu ini ternyata banyak khasiatnya, dan jika dilihat ternyata buah anggur mirip dengan organ tubuh kita yaang namanya "Alveoli", apa ya itu alveoli. sebelum bahas si anggur mungkin kita bahas sedikit dulu yuk tentang apa itu Alveoli.
Gambar : www.ask.com
Alveoli adalah kantung kecil di dalam paru-paru kita yang memungkinkan oksigen dan karbon dioksida untuk bergerak di antara paru-paru dan aliran darah.Tubuh kita menjalankan fungsi tertentu setiap detik dari siang dan malam tanpa kesadaran kita. Misalnya, bernapas adalah pekerjaan yang tubuh kita lakukan bagi kita, apakah kita sedang tidur atau terjaga, sadar atau tidak sadar. Tapi apa tujuan sebenarnya dari pernapasan, selain hanya menjaga kita hidup? Teman mungkin sudah tahu bahwa itu ada hubungannya dengan mengambil oksigen dan menyingkirkan karbon dioksida. Dalam pelajaran ini, kita akan belajar tentang organ kecil yang membantu bagian tubuh kita mendapatkan oksigen yang kita hirup di dalam dan menyingkirkan karbon dioksida kita tidak perlu. Organ-organ ini disebut alveoli. (Kutipan dari : sridianti.com)

Sudah sedikit tau kan sekarang apa itu Alveoli, setidaknya ada gambaran, nah buah anggur ternyata memiliki khasiat yang luar biasa untuk menjaga paru paru kita ternyata, kebayang kan kalau paru paru kita rusak, sereeemmm....
Gambar : sehatplan.com
Buah anggur mempunyai khasiat yang luar biasa, terutama pada paru-paru. Seorang peneliti asal Perancis, Dr. Masquelier, menemukan bahwa biji anggur mengandung proanthocyanidin yang ampuh mencegah kanker paru-paru. Efektivitas proanthocyanidin dalam menangkal radikal bebas berlipat 20 kali vitamin C dan 50 kali vitamin E. Dengan demikian ekstrak biji anggur ini menambah deret penghalau sel kanker untuk berkembang biak.

Sebagaimana yang telah dipublikasikan pada Time of India, ekstrak biji anggur (bukan kulit manggis) sangat efektif menghalau sel kanker dan mencegah berkembang biaknya sel kanker tersebut. Seorang peneliti asal India mengatakan biji anggur dapat membunuh sel kanker dengan sangat pintar karena tidak membunuh sel lain yang bermanfaat bagi tubuh. 

Kulit buah anggur juga tak kalah besar manfaatnya. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Physiology-Lung Cellular and Molecular Physiology, di dalam kulit buah anggur terdapat senyawa yang disebut resveratrol. Resveratrol ini mampu mencegah penyakit asma dan gangguan paru-paru kronis. Penderita asma akan bisa bernapas lebih longgar setelah mengonsumsi buah anggur.

Resveratrol adalah salah satu senyawa polifenol yang terdapat pada tumbuhan. Sumber resveratrol tertinggi terdapat pada anggur merah. Resveratrol pada anggur tergolong senyawa fitoaleksin, yaitu senyawa yang dihasilkan karena tanaman ini berusaha mempertahankan diri dari stres lingkungan, seperti cuaca, pemangkasan, dan serangan hama.




Resveratrol telah diteliti mampu menghambat penyebaran sel-sel kanker. Yang paling menakjubkan, resveratrol pada buah anggur dapat berperan sebagai pemicu proses bunuh diri sel kanker. Inilah yang kemudian digembar-gemborkan bahwa resveratrol adalah anti-kanker.

Saking dahsyatnya manfaat resveratrol buah anggur, sejumlah produsen suplemen kesehatan kini ramai-ramai menjual produk suplemen yang mengandung resveratrol. Kebanyakan suplemen resveratrol yang dijual di Amerika Serikat ekstrak anggur merah yang diimpor dari Jepang dan Cina. (Kutipan dari : http://sehatragakita.blogspot.co.id)

Gambar : benhvienungbuouhungviet.com

Wah wah, selain enak, anggur ternyata sangat baik buat tubuh kita bukan cuma untuk paru paru ya teman, buat teman teman jangan ragu makan buah anggur ya, kalau mau menanam buah anggur juga boleh dirumah, nantu kalau sudah berbuah bisa bagi bagi sama teman teman akutau.com , sudah dulu ya teman teman, semoga artikelnya bermanfaat ya... salam akutau.com sering baca, belajar dan caritau biar kita makin banyak tau...

Gambar : liputan6.com

About Aku Tau

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments :

  1. Terimakasih atas artikel anda yang menarik dan bermanfaat.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di
    Pusat Studi Informasi Kedokteran

    ReplyDelete