Cari tau hubungan tomat dan jantung

akutau.com - Tomat, hayooo... tomat itu buah apa sayur...? hehehe, banyak yang sering tanya, tomat itu buah apa sayur, kalau menurut kita tomat itu buah bukan sayur, karena sampai saat ini adanya cuma jus tomat dan tidak ada sayur tomat, hehehe....

Ngomong ngomong tentang tomat, ada yang pernah memperhatikan kalau tomat dipotong mirip dengan bagian tubuh kita yang tugasnya memompa darah keseluruh tubuh, itu si jantung yang tidak pernah istirahat memompa darah kita keseluruh tubuh untuk mengirim nutrisi ke sel sel tubuh kita. Tapi ada kaitannya tidak sih antara tomat dan jantung kira kira...? dibahas yuk.

Gambar : dukeregionalblog.org
Tomat sudah dikenal banyak orang sebagai tumbuhan yang memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Tomat sangat mudah seklai ditemukan selain mudah untuk di tanam tomat juga banyak di jual di pasaran. Untuk mendapatkan khasiat dari tomat anda bisa mengolahnya dengan cara menjadi jus tomat segar, dengan seperti itu manfaat didalam tomat tidak akan hilang.

Tomat memiliki kandungan vitamin dan mineral diantaranya Vitamin A,C,dan K serta Folat, potasium,serat,lycopene,dan juga kandungan air. Tomat banyak digunakan sebagian orang untuk merawat kulit agar teetap segar dan cantik. Namun tahukah anda ?? Tomat Juga Baik Untuk mengobati penyakit jantung.






                       Gambar : gaiahealthblog.com
tomato-heart-healthTomat memiliki kemampuan untuk melawan bakteri serta meningkatkan sistem imun pada manusia. Dan yag paling penting tomat mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi yang memicu munculnya berbagai penyakit yang berbahaya seperti jantung, diabetes, dll. Kandungan Niacin yang ada pada tomat mampu mengontrol kolesterol jahat yang ada pada tubuh selain itu serat yang berada dalam jus tomat mampu menghilangkan kolsterol jahat.

Selain itu, yang tidak kalah pentingnya dari tomat, ternyata tomat mampu berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung. Didalam tomat terdapat kandungan Viatamin B6 yang mampu melindungai tubuh dari berbagai macam kerusakan pembuluh darah. Selain itu potasium yang ada pada tomat juga mampu menurunkan ekanan darah sebagai pemciu adanya penyakit jantung.

Peneliti dari University of Verona menyatakan bahwa mengonsumsi saus tomat 80 gram sehari bisa mengurangi efek buruk makanan berlemak terhadap lapisan pembuluh darah dan mencegah terjadinya kerusakan arteri. Antioksidan bernama lycopene pada tomat diketahui lebih tinggi ketika tomat dimasak dan diolah ketimbang tomat yang mentah. (Kutipan blogalami.com)

Hasil penelitian ini tak berarti bahwa kita harus terus mengonsumsi tomat olahan dan menghindari buah tomat segar. Namun memberikan informasi bahwa buah tomat memiliki kualitas nutrisi dan antioksidan yang tinggi, baik dikonsumsi langsung dalam keadaan mentah maupun setelah dimasak.

Hmmm... jadi buat yang suka makan makanan berlemak ada baiknya juga diimbangi dengan makan tomat rutin biar terhindar dari penyakit jantung ya teman, itu dulu penjelasan tentang tomat ya teman teman, rajin rajin baca ya biar makin tau...

Gambar : Nuga.co

About Aku Tau

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment