Kenapa ayam berkokok dipagi hari

akutau.com - Kukuruyuuukkk... siapa yang tidak kenal suara itu...? dikampung setiap pagi hampir bisa dipastikan mendengar ayam jantan berkokok, tapi setiap pagi dan tidak pernah lupa, kenapa ayam jantan selalu berkokok setiap pagi...?

Peniliti yang berasal dari Univeritas Nagoya di Jepang yang bernama Takashi Yoshimura adalah orang yang bertanggung jawab secara penuh mengenai penelitian tentang mengapa ayam berkokok di pagi hari. Kokokan ayam ini adalah sebuah pertanda bahwa mentari telah sekali lagi menghampiri salah satu bagian bumi. Tapi apa alasan ayam jantan berkokok tiap pagi? Belum ada yang tahu apakah ini karena jam biologis para ayam ataukah karena stimuli cahaya dari luar. Hal ini terbukti saat ayam diberikan cahaya yang terang maka dia akan juga berkokok.

Yoshimura dan koleganya yang bernama Tsuyoshi Shimura yang juga berasal dari Universitas Nagoya, kemudian melakukan sebuah penelitian demi mengetahui misteri ini. Kedua orang tersebut meletakkan dua percobaan yang berbeda, dimana pada percobaan yang pertama para peneliti meletakkan ayam jantan di sebuah ruangan yang 12 jam akan dipenuhi cahaya terang dan 12 jam sisanya cahaya yang redup. Dari percobaan pertama ditemukan bahwa sebab ayam jantan berkokok waktu fajar kemungkinan terjadi karena cahaya.


Sayangnya hipotesa mereka tidak bisa bertahan saat percobaan kedua mereka lakukan, dimana pada percobaan tersebut mereka menempatkan ayam jantan yang sama dalam ruangan dengan pencahayaan yang redup selama 24 jam, dengan jangka waktu 14 hari. Percobaan mereka ini menghapuskan jawaban awal dimana mereka menganggap jawaban dari pertanyaan “mengapa ayam jantan berkokok tiap pagi?” dan mengatur ulang jawaban mereka, karena ternyata pada percobaan kedua ini sang ayam tetap berkokok dengan jarak 23,8 jam sejak ia terakhir berkokok.

Melihat hasil ini, tidak ada pilihan lain bagi para peneliti di Jepang tadi selain untuk memutuskan bahwa jawaban dari pertanyaan mereka adalah jam biologis, ini alasan kenapa ayam jantan selalu berkokok di pagi hari, karena memang hal tersebut telah seperti terprogram pada diri mereka. Para peneliti juga sudah melakukan percobaan dengan memaparkan sang ayam pada stimuli luar, tapi respon yang diberikan oleh sang ayam lebih kuat ketika diberikan pada pagi hari, yang berarti jam biologis dari sang ayam akan selalu mendahului faktor-faktor luaran lainnya.

Jam Biologis, Ini Alasan Kenapa Ayam Jantan Selalu Berkokok di Pagi Hari. Ada Hal Lain kah?
Selain menemukan bahwa jam biologis adalah alasan utama dari mengapa ayam berkokok ketika fajar tiba, para peneliti yang tekun tadi juga menemukan bahwa ternyata sistem peringkat yang ada pada ayam menjadi faktor penentu kapan mereka harus berkokok, karena kokokan ini juga dianggap sebagai sebuah peringatan yang menandakan klaim daerah kekuasaan setiap ayam. Data yang berhasil dikumpulkan oleh para peneliti juga menunjukkan bahwa ternyata semakin tinggi peringkat seekor ayam, maka ayam tersebut punya hak untuk memecah pagi sementara ayam yang lain akan dengan sabar menunggu untuk menyusul sang ayam pemimpin berkokok.

Penelitian yang dilakukan oleh dua pemuda Jepang ini menyulut niat penelitan dari Kristen Navara yang merupakan ahli hormon di University of Georgia. Navara juga menambahkan bahwa sudah lama seharusnya dilakukan penelitian yang akhirnya menghasilkan jam biologis sebagai jawabannya, karena ini alasan kenapa ayam jantan berkokok di pagi hari. kutipan : kumpulanmisteri.com
 
Wah wah wah, jadi begitu teman teman,  sudah pada bangun belum sebelum ayam berkokok...? jangan bubu lagi ya udah pagi... :D

About Aku Tau

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment