Kenapa tikus selalu menjadi percobaan...?


akutau.com - Halo..haloo... alohaaa... teman teman siapa yang takut sama tikus kecil ini...? banyak yang jijik banyak yang takut tapi juga banyak juga yang pelihara karena menganggap binatang kecil ini juga menggemaskan masih kerabat hamster dan marmut hehehe...

Teman teman pernah dengar  istilah "Tikus Percobaan" ihh... kedengarannya ngeri ya teman, tapi memang ngeri sih, si tikus memang kerap kali dipakai buat percobaan, hampir 95% penelitian dunia medis menggunakan tikus, tatapi kenapa ya...? cari tau yuk kenapa harus tikus yang jadi percobaan...??


Ternyata setiap tahunnya, di Amerika Serikat ada sekitar lebih dari 100 juta tikus yang terbunuh sebagai efek samping dari percobaan di laboratorium.

Tapi mengapa percobaan medis sering menggunakan tikus? Sebenarnya ada banyak alasan mengenai ini, seperti misalnya:


•    Tikus merupakan hewan yang kecil.
•    Tikus cukup mudah untuk dirawat dan diberi tempat tinggal.
•    Tikus amat mudah beradaptasi pada kondisi sekitarnya.








Selain tiga alasan tersebut, ternyata ada lagi alasan yang amat masuk akal kenapa mereka memilih tikus dan bukan hewan lain sebagai media percobaan, yaitu karena tikus memiliki tingkat reproduksi yang cukup tinggi dan umur mereka sendiri tidak panjang, hanya sekitar 2 hingga 3 tahun yang menjadi alasan utama kenapa percobaan sering memakai tikus dan bukan hewan lainnya. Belum lagi jika para peneliti ini ingin membeli tikus, harga yang ditawarkan oleh peternak tidak terlalu mahal dan sifat dari para tikus ini sendiri biasanya amat jinak dan membuat para peneliti menjadi lebih mudah untuk mengatur dan menghidupi para tikus ini nantinya.

 wah wah, banyak juga tikus yang dikorbankan berarti ya teman teman kalau di seluruh dunia disatukan jumlah korbannya...

About Aku Tau

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment