Mengapa kita menangis saat mengiris bawang...?




akutau.com - Hai teman teman pernahkah kalian menangis saat sedang membantu ibu mengiris bawang? Saat mengiris bawang merah atau bawah bombay orang cenderung mengeluarkan air mata. Mengapa bisa begitu?

Ternyata penyebabnya adalah minyak dalam bawang yang banyak mengandung zat sulfur. Zat itu menguap dengan sangat cepat. Jadi, saat bawang diiris, minyak dan sulfur berubah menjadi gas dengan sangat cepat. Gas itu mengenai mata dan rasanya sangat perih sehingga memicu keluarnya air mata.

 
Sumber gambar : www.sehatcenter.com

Jika kalian tidak ingin menangis saat memotong bawang, ada triknya.
Potong saja bawang di bawah aliran air, sehingga minyak dan sulfurnya mengalir bersama air dan tidak mengenai mata kalian.

Sebenarnya menangis itu juga bermanfaat. Saat menangis, air mata akan keluar dan akan membersihkan bakteri yang menempel di sekitar mata. Jika tidak  dibersihkan, bakteri yang menempel di sekitar mata nantinya bisa menimbulkan penyakit.

 
 Sumber gambar : bawangdayakbekasi.blogspot.co

Setiap hari, mata kita selalu mengeluarkan air mata, tetapi jumlahnya sangat sedikit. Yaitu sekitar setengah sendok teh. Air mata itu berguna untuk menjaga kelembaban mata, sehingga mata tidak kering.

Jadi begitu, hehe... mudah mudahan bermanfaat... :D

About Aku Tau

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment