Susu dan Buah

akutau.com - Selamat malam teman teman, malam malam gini biasanya enaknya minum susu kan sebelum tidur, biasanya dibuatin mama susu kan sebeum bubu... :D tapi ngomong ngomon temen temen ada yang suka makan sop buah atau makanan buah yang dicampur susu nggak...? tapi kayaknya banyak yang suka ya, buah yang rasanya enak ditambah susu manis, hmmm jadi lezat pokoknya, nyam..nyam..nyam...

Tapi, tau nggak teman teman sebenarnya susu dan buah tidak boleh dikonsumsi bersamaan lho. Ada yang tau nggak kenapa buah dan susu sebenarnya tidak baik dikonsumsi bersamaan...? kalau belum ada yang tau, sedikit dibahas yuk, sambil nunggu bisa tidur nih malam malam... :D

Kebiasaan mencampur buah dan susu tersebut bukannya memberi manfaat justru bisa membahayakan tubuh.
Sumber Gambar : portalkesehatan.com
Ternyata, buah-buahan banyak memiliki kandungan asam, sedangkan susu sangat kaya akan protein sehingga jika dikombinasikan justru kurang baik, karena asam akan mengikat protein sehingga membuatnya sulit dicerna oleh tubuh, bahkan bisa mengakibatkan fermentasi lambung.

Beberapa buah-buahan yang memiliki sifat asam, antara lain : nanas, stroberi, anggur, jeruk, dan lain sebagainya.

Tapi bagaimana jika susu dicampurkan pada buah yang tidak mengandung asam, seperti alpukat?

Mencampur buah alpukat dengan susu akan membuat rasanya semakin  gurih dan nikmat. Akan tetapi kombinasi keduanya juga tidak baik untuk tubuh, karena alpukat mengandung asam folat tinggi yang bermaanfaat untuk kesehatan jantung, namun ketika Anda mencampurkan susu kental manis, maka justru mengantarkan Anda pada risiko penyakit diabetes.

Kenapa demikian? Karena susu kental manis memiliki kadar gula yang lebih mendominasi dibandingkan protein.

Teman teman taukah selain dengan buah, susu juga tidak baik dikonsumsi dengan beberapa jenis makanan ini lho teman teman... :D

Susu dengan Gula
Mencampur susu dengan gula dalam kondisi panas dapat berbahaya, karena susu mengandung leusin/asam amino yang apabila dicaampurkan dnegaan gula dalam kondisi panas, maka akan bereaksi menjadi leusin fructosyl atau radikal fluktosa yang bersifat racun dan dapat merusak tubuh orang yang mengonsumsinya. Untuk menyiasatinya, masukkan gula setelah susu agak dingin.
Sumber Gambar : magwuzz.com
Susu dengan Coklat
Mencampur susu dengan coklat juga berbahaya bagi kesehatan, karena susu mengandung protein dan kalsium, sementara coklat mengandung asam oksalat yang apabila keduanya dipadukan, maka  kalsium akan bersifat non larut sehingga mengganggu penyerapan kalsium.
Sumber Gambar : mellbiruu.blogspot.com
Susu dan Teh
Teh termasuk satu minuman herbal yang menyehatkan, namun menjadi kurang bermanfaat jika dicampur dengan susu. Kenapa demikian? Ternyata susu mengandung protein casein yang apabila dipadukan dengan Teh justru dapat menurunkan kandungan pentingnya, seperti Catechin yang ampuh melawan penyakit jantung.
Sumber gambar : fajar.co.id
Wah banyak juga ya, bukan berarti tidak boleh, tapi lebih baik susu dikonsumsi terpisah dengan jenis makanan makanan lain, karena susu memiliki segudang manfaat, akan sangat sayang jika semua manfat itu sia sia buat tubuh kita atau justru merusak, hehehe...

udah kantuk, bubu yuk temen temen... :D malam......

About Aku Tau

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments :