Tahukah teman, buah Alpukat yang bentuknya mirip rahim ibu ternyata...

akutau.com - Hai teman teman, bahas alpukat yuk hari ini, buah yang rasanya lembut gurih ini jika dilihat lihat bentuknya mirip dengan rahim ibu yang ada dedeknya kan....? ada beberapa fakta menarik mengenai buah alpukat yang bentuknya mirip dengan rahim ibu ini lho...

1. Lama Buah Alpukat
Ternyata buah alpukat juga membutuhkan waktu 9 bulan dari mulai berbunga sampai siap dipanen. Hal ini mirip dengan janin dalam rahim yang membutuhkan waktu 9 bulan untuk bisa lahir.

Sumber gambar : sehatragakita.blogspot.co.id
Biji alpukat adalah hasil penyerbukan antara benang sari dan kepala putik. Selanjutnya terjadi pembuahan yang menghasilkan bakal biji atau zigot. Zigot kemudian berkembang menjadi embrio. Embrio inilah yang kita lihat sebagai biji alpukat. Proses ini membutuhkan waktu 9 bulan.

2. Membantu perkembangan janin
Alpukat kaya akan asam folat atau vitamin B9. Vitamin ini berperan penting dalam mendukung kesehatan reproduksi wanita. Asam folat membantu pertumbuhan dan pembelahan sel janin dan rahim. Terutama sel-sel otak dan sumsum tulang belakang.
Sumber gambar : slideshare.net
Kurangnya asam folat selama kehamilan dapat menyebabkan gangguan perkembangan otak dan sumsum tulang belakang. Gangguan ini dapat mengakibatkan kelumpuhan, kerusakan otak, dan keguguran.


3. Mencegah cacat Lahir
Asam folat juga bermanfaat untuk mencegah cacat lahir yang serius pada bayi. Studi telah membuktikan bahwa wanita yang mengonsumsi asam folat 400 mikrogram setiap hari, dapat membantu mencegah bayi terkena cacat tabung saraf yang serius.

Asam folat dalam buah alpukat tidak hanya mencegah cacat lahir pada bayi, tetapi juga melindungi bayi dari berbagai masalah lain, seperti:

 
Sumber gambar : tips-sehat-keluarga-bunda.blogspot.com
  1. berat badan lahir rendah (BBLR),
  2. pertumbuhan yang buruk dalam rahim,
  3. celah bibir dan langit-langit,
  4. kelahiran prematur, dan
  5. keguguran.
Dengan demikian, asam folat dalam buah alpukat adalah pahlawan bagi wanita hamil, termasuk wanita yang berusaha untuk hamil.

4. Mengurangi resiko kanker serviks pada ibu

Sumber gambar : http://bintangherbal.com
Asam folat juga mengurangi risiko kanker serviks (kanker mulut rahim). Jadi, konsumsilah buah alpukat yang cukup setiap hari, terutama pada masa awal pembuahan atau awal kehamilan.


5. Meningkatkan kekebalan tubuh saat hamil

Sumber gambar : solusisehatku.com

Alpukat mengandung vitamin B6 yang dikenal dengan istilah piridoksin. Vitamin ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh selama masa kehamilan. Rasa mual-mual selama masa kehamilan (morning sickness) dapat diatasi dengan mengonsumsi buah alpukat secara rutin.

Wah, ternyata banyak manfaatnya ya buah alpukat selain enak, hm... jadi kepengen makan alpukat nih, hehehe... udah dulu ya teman, salam berbagi, semoga makin banyak tau ya...



Sumber artikel : http://sehatragakita.blogspot.co.id

About Aku Tau

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment