Kolibri, burung cantik yang bisa terbang mundur

akutau.com - Adakah burung yang dapat terbang seperti helikopter? Ada, yaitu burung Kolibri. Kebanyakan burung terbang seperti pesawat udara, yakni meluncur ke depan. Tetapi ada satu burung yang dapat terbang seperti helikopter yakni naik dan turun secara vertikal dan terbang di tempat yang sama. Bahkan burung ini dapat terbang mundur.


  Burung hebat ini adalah burung kolibri. Burung ini tidak pernah bertengger di dahan pada saat dia makan. Dia tetap terbang di tempat yang sama sambil memasukkan paruhnya ke sekuntum bunga untuk menyedot madunya atau memakan serangga kecil. Bila selesai makan burung kolibri menarik paruhnya sambil terbang mundur. Terbang mundur itu dilakukan dengan memutar arah sayapnya. Hebat bukan? tidak ada burung lain yang bisa seperti itu. Burung kolibri adalah burung terkecil di dunia dengan panjang 1-12 cm dan berat 2-20 gram.

  Burung kolibri madu adalah jenis kolibri terkecil yang bisa mengepakkan sayap 80 kali per detik. Setiap menit, burung ini menarik nafas sebanyak 250 kali. 

Burung kolibri adalah pemakan yang rakus. Mereka harus makan 5-14 kali setiap jam. Burung kolibri harus makan lebih dari 500% berat tubuhnya sendiri. Bandingkan dengan manusia yang hanya makan 2-4% dari berat tubuhnya sendiri setiap hari.


About Aku Tau

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment