Kusukus mamalia lucu berkantong

akutau.com - Siapa yang sudah kenal dengan binatang gemesin satu ini...? namanya kuskus, mirip monyet apa mirip kucing ya... beda beda, ini kuskus dan ada yang menarik lho dengan binatang lucu ini, bakal kepengen pelihara nanti dengan si kuskus ini, hehehe... tapi nggak boleh pelihara binatang ini, karena binatang lucu ini terancam punah dan termasuk binatang yang dilindungi jadi teman kalau mau lihat bisa coba cari tau di kebun binatang aja tidak perlu dibawa pulang.

 Siapa yang tau kanguru...? kanguru terkenal dengan binatang yang berkantung dan kuskus ternyata juga memiliki kantong diperutnya seperti kanguru lho teman, kantung ini digunakan untuk menjaga bayi kuskus dan merawatnya agar terhindar dari hal hal yang akan menyakitinya. Seperti ibu yang selalu memeluk dan menjaga kita saat kita masih keccil.

Kuskus sering dianggap hewan yang sama dengan kukang, padahal keduanya berbeda. Ciri utama kus-kus selain kantong yang terdapat di perutnya adalah bentuk muka yang bundar dengan daun telinga yang kecil, serta bulu yang lebat.

Selain itu kuskus mempunyai ekor yang panjang dan kuat yang berfungsi sebagai alat untuk berpegangan saat berpindah dari satu dahan ke dahan lainnya. Ekor kuskus juga menjadi senjata pertahanan dengan cara mengaitkan ekornya kuat-kuat pada batang atau cabang pohon.
Kuskus merupakan binatang herbivora dengan makanan utama dedaunan dan buah-buahan. Satwa yang sangat pendiam ini hidup secara soliter. Kuskus merupakan satwa australis yang persebarannya terbatas di Indonesia bagian timur (Sulawesi, Maluku, Papua), Australia dan Papua New Guinea.

Kuskus terbesar adalah kuskus beruang (Ailurops ursinus) yang panjang tubuhnya mencapai 1 meter lebih. Sedangkan jenis kuskus terkecil adalah kus-kus kerdil yang memiliki panjang tubuh hanya 29-38 cm dengan berat hanya 1 kg.

Selain dianggap sebagai spesies yang sama dengan kukang, orang juga lebih sering menganggap kuskus sebagai satu spesies. Padahal kuskus terdiri atas beberapa spesies yang terkelompokkan dalam 5 genus yakni Ailurops, Phalanger, Spilocuscus, Strigocuscus, dan Trichosurus.

Udah dulu ya bahas kuskusnya, teman teman tetap jaga lingkungan yah... salam akutau... :D

About Aku Tau

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment