Tahukah teman berapa jumlah helai rambut teman...?

akutau.com - Selamat pagi teman teman, bangun pagi biasanya ada beberapa helai rambut tertinggal di bantal kita, siapa yang pernah mengamati hal tersebut....? atau pernah melihat beberapa helai rambut disekitar kita, entah itu rambut kita atau ayah ibu kita. Tahukah teman berapa sih jumlah rambut dikepala kita..? pasti banyak sekali ya, dan bagaimana menghitungnya...?


Menurut penelitian, ternyata setiap manusia, rata-rata memiliki jumlah rambut sekitar 100.000 helai rambut di kepalanya. Masa bertumbuh setiap helai rambut hanya antara 2 hingga 6 tahun, kemudian rontok. Lalu pada pori-pori yang sama, rambut baru mulai tumbuh. Siklus kehidupan sehelai rambut disebut siklus rambut.

Siklus rambut dimulai dari fase pertumbuhan, fase transisi yang pendek, dan fase istirahat. Rambut berhenti bertumbuh selama tiap-tiap fase istirahat. Fase pertumbuhan terdiri atas fase pertumbuhan awal dan fase pertumbuhan aktif. Setelah itu, ada fase transisi, lalu fase istirahat. Rambut tetap berada dalam folikel yang beristirahat hingga fase pertumbuhan berikutnya.

Pada fase pertumbuhan berikutnya, rambut yang sudah beristirahat akan didorong keluar dari pori-pori kulit kepala. Hal ini yang menyebabkan rambut rontok. Bagi orang yang tidak memiliki masalah rambut , setiap hari sekitar 70 hingga 100 helai rambut rontok secara alami.
Rambut tumbuh lebih dari 10 milimeter per bulan. Itu sebabnya rambut merupakan bagian tubuh yang paling cepat tumbuhnya. Panjang pertumbuhan seluruh helai rambut di kepala teman teman bisa mencapai 20 meter per harinya loh. wah panjang banget ya.... sebulan berarti bisa 600 meter dan setahun 7.200 meter, walah walah... hebat ya rambut kita.

Tapi meski rontok rambut juga merupakan siklus tumbuh alami rambut, teman teman juga harus tetap merawat rambut agar tetap nampak rapi dan sehat, sampai disini dulu ya teman, selalu cari tau tentang semua hal agar teman jadi makin tau bareng akutau.com .

About Aku Tau

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments :