Anemon, si hewan laut yang memiliki sahabat

akutau.com



akutau.com - Siapa yang belum tahu tentang Anemon? Pernah menyelam ? Pernah melihat film animasi Finding Nemo? Jika teman-teman sering menyelam atau lihat film animasi finding nemo pasti menjumpai apa itu si Anemon....
Anemon Laut adalah hewan dari kelas anthozoa yang sekilas terlihat seperti tumbuhan, namun jika diperhatikan lebih jauh bahwa anemon termasuk hewan jenis laut loh....
Bentuk tubuh anemon mirip bunga sehingga disebut juga mawar laut. Pada umumnya anemon banyak dijumpai pada daerah terumbu karang yang dangkal dan jarang dijumpai pada daerah terumbu karang yang sebagian besar tutupan karang batunya tinggi.
akutau.com
Anemon laut ini memiliki puluhan hingga  beberapa ratus tentakel ditubuhnya loh...
Tapi hati-hati teman dibalik indahnya tubuh anemon ini ternyata memiliki sengat yang beracun, kok bisa? Kira-kira dimana ya letak sengatnya itu...
Ternyata di tentakel-tentakel yang dimiliki ini mempunyai cnidocytes yaitu sel-sel yang digunakan untuk menangkap mangsa. Cnidocytes terdapat nematocysts yang menyengat dan setiap nematocyst berisi kantung racun kecil dan racun tersebut mengandung  aktin, filamin batin, dan rambut sensorik luar.

akutau.com
Anemon pada saat menangkap mangsa dengan melekatkan diri di dasar laut dan menyengat si mangsa dengan menyuntikkan dosis racun dalam mangsanya. Racun tersebut  adalah campuran dari beberapa racun termasuk neurotoksin ( untuk melumpuhkan mangsa) sehingga bisa dimasukkan kedalam mulut si anemon. Mangsa si anemon ini bisa ikan kecil, udang, dsb.
akutau.com

Terus bagaimana dengan manusia jika bertemu dengan anemon ini? Wah bisa disengat donk?
Memang ada beberapa spesies yang dapat menyengat manusia yaitu dari spesies actinodendron, phyllodiscus dan stichodactyla yang diketahui telah menyebabkan luka parah dan berpotensi mematikan tetapi sebagian besar anemon ini tidak berbahaya bagi manusia.
Meskipun ikan termasuk daftar menu untuk dimangsa oleh anemon tetapi tidak bagi ikan badut dan spesies hewan laut tertentu. Justru bagi anemon ini menguntungkan dan begitu juga sebaliknya bagi ikan badut maupun hewan laut tertentu ini merupakan simbiosis mutualisme. Pengertian simbiosis mutualisme adalah hubungan antara dua jenis  makhluk hidup yang saling menguntungkan. Bagaimana ceritanya?
akutau.com

Begini, anemon laut akan melindungi ikan badut  dan ikan badut menangkal ikan kupu-kupu (butterfly fish) yang suka memakan anemon. Ikan badut juga akan memakan hewan-hewan kecil yang melekat ditentakel anemon yang membahayakan anemon (parasit) dan membantu membersihkan anemon dari kotoran seperti pasir. Di sisi lain kotoran dari ikan badut memberikan nutrisi untuk anemon. Anemon memiliki sengatan beracun yang hanya dapat di tahan ikan badut. Mekanisme tersebut dapat terjadi karena lapisan lendir ikan badut (berbahan dasar gula). Hal ini akan menjadikan anemon laut tidak mengenali ikan badut sebagai musuh sehingga anemon tidak menyengat ikan badut. Ikan badut akan membela mati-matian anemon tempat mereka tinggal, ikan badut tidak pernah menyimpang lebih jauh dari 30cm/lebih dari inangnya seumur hidup mereka.
Wah setia sekali sahabat laut ini yah....
Bagaimana sudah tahu kan anemon adalah hewan laut yang mempunyai sahabat? 

Artikel ini kiriman dari kak anisa rahmah terima kasih kak ya kirimannya, buat temen temen yang juga mau kirim artikel, cerpen, dongeng atau fabel, kirim aja yuk ke redaksi@akutau.com salam akutau.com, mari berbagi cerita, ilmu dan pengetahuan, wujudkan generasi baca Indonesia.

Sumber:
2.      Dahsin Muhammad.2009. Nilai Dan Fungsi Anemon Laut Kondisi Dan Potensi Yang Terabaikan/Keuntungan Simbiosis Mutualisme Yang Didapat Oleh Ikan Badut Dan Anemone Laut : https://muhammadahsin.wordpress.com/2009/03/09
3.      Anemone Laut, Si Cantik Yang Membahayakan. 2016. Mongabay.co.id

About Aku Tau

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment