Hah...? Ada Naga laut...???

akutau.com - Naga Laut...? pernah dengar Naga teman teman...? binatang mitologi yang satu ini terkenal sangat besar, kuat, menyeramkan dan bahkan ada yang bisa terbang dan bisa menyemburkan api. Tapi, didunia ini pernah ada atau tidak sih sebenarnya Naga itu...? masih banyak ilmuan yang mencari bukti lebih akurat tentang keberadaan naga, tapi kali ini kita tidak mau membahas naga mitologi yang bisa menghembuskan nafas api, tapi kita mau bahas Naga Laut.

Leafy Sea Dragon atau Naga Laut Berdaun adalah binatang unik berbentuk seperti naga yang hidup di air, tak seperti naga yang cerita cerita itu teman, naga yang satu ini ukurannya jauh lebih kecil, hanya antara 35-45cm panjang naga laut ini. Bentuk dasar naga laut ini juga seperti kuda laut, karena memang naga laut masih berkerabat dekat dengan kuda laut. Namun naga laut ini tidak dapat melingkarkan ekornya ke karang atau rumput dilaut seperti kuda laut.

Naga laut berdaun bergerak secara lambat. Mereka dapat mengubah warna, tapi itu tergantung dari umur, lokasi, dan level stress. Selain itu, naga laut berdaun juga memiliki duri-duri di badannya. Spesies ini susah dilihat karena badannya menyerupai rumput laut. “Lobus” mahluk itu menyediakan penyamaran sebagai rumput laut.

Naga laut berdaun bereproduksi dengan cara bertelur. Telur naga laut berdaun berwarna pink. Sang betina bertelur di ekor yang jantan. Seperti kuda laut yang lain, naga laut jantan bertanggung jawab dan melindungi telur-telurnya. Saat telur-telur itu akan menetas, yang jantan akan menggoyangkan ekornya untuk membantu bayi-bayinya keluar dari telur. Sayangnya, dari sebanyak 100 telur, hanya 5% dari bayi-bayi itu dapat bertahan dengan selamat.

Naga laut berdaun adalah spesies yang populasinya terancam. Mereka terancam karena aktivitas manusia ataupun alam. Menurut en.wikipedia.org ancaman-ancaman bagi naga laut berdaun berupa pembuangan sampah di lautan mereka tinggal, predator (karena duri mereka tidak selalu menakuti predator), penangkapan oleh penyelam (sering cepat mati karena majikannya jarang menyediakan makanan hidup yang benar), terhanyut dalam gelombang, badai atau arus yang kuat dan hilangnya habitat dan rumput laut. Sekarang, naga laut berdaun dicatat sebagai salah satu binatang yang hampir terancam (Near Threatened) oleh grup dari daftar merah IUCN (IUCN red list). Jadi sekarang, naga laut berdaun dilindungi secara resmi oleh pemerintah Australia dan menjadi salah satu fokus dari pelestarian laut di Australia selatan.

Kasihan sekali ya binatang cantik ini, karenanya teman teman jangan suka membuang sampah sembarangan dan jangan merusak lingkungan ya, ingatkan teman yang lain dan keluarga untuk terus menjaga lingkungan, kasihan kan kalau binatang cantik ini kelak akhirnya punah.

Kalau ada yang ditanyakan silahkan tulis dikolom komentar ya teman, dan jika ada yang ingin ikut menulis silahkan klik link Kontribusi sebagai dukungan...
Jangan lupa like Fanspage FB kami dan Share artikel ini, terima kasih....

About Aku Tau

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment