Kenapa ikan Piranha terkesan mengerikan...?

akutau.com - Hai teman teman, udah pada makan belum ini...? wah siapa yang suka makan ikan nih, karena kali ini kita mau bahas tentang ikan, tapi ikan yang satu ini bukan ikan sembarangan, ikan yang sangat terkenal tapi... ikannya mengerikan, hohoho....


siapa yang tidak kenal dengan ikan piranha? Ikan jenis ini memang sangat terkenal sebagai ikan yang ganas. Salah satu jenis ikan predator ini memang cukup ditakuti karena keganasannya itu. Di beberapa film dan cerita fiksi, ikan ini memang banyak diangkat sebagai hewan yang ganas. Bahkan sampai sempat dibuat film khusus tentang piranha.

Tapi apa sih yang membuat piranha sangat ditakuti? Selain karena piranha memang salah satu jenis predator, piranha juga memiliki susunan gigi yang sangat tajam. Gigi-gigi piranha ini berbentuk segitiga yang ujungnya sangat runcing. Posisi gigi di rahang atas dan rahang bawah pun sangat sesuai sehingga ketika mulutnya menutup, gigi-gigi piranha tersebut mengunci dengan sempurna. Inilah yang membuat piranha sangat mudah untuk menggigit dan mengunyah mangsanya. Seram juga ya.
Piranha juga memiliki penciuman yang tajam. Ia dapat mendeteksi adanya daging yang dapat dimakan bahkan di air yang keruh sekalipun. Biasanya, piranha memakan hewan yang lebih kecil darinya, misalnya siput atau ikan-ikan kecil. Berbagai hewan yang mereka makan adalah hewan yang sudah tenggelam di lautan. Tetapi, memang tidak jarang mereka memangsa hewan-hewan besar, termasuk juga manusia. Bahkan, apabila tidak ada sumber makanan lain, mereka juga bisa memangsa kawannya sendiri! Hiii, serem ya!


Tetapi, ternyata piranha tidak sepenuhnya predator lho. Piranha juga masih mau memakan tumbuh-tumbuhan. Sebagian jenis piranha akan beralih menjadi pemakan buah-buahan ketika masa-masa tertentu. Piranha jenis ini memiliki struktur gigi dan rahang yang lebih sesuai untuk memangsa buah-buahan daripada daging hewan. Namun secara umum, piranha baru mau memakan buah atau tumbuhan saat tidak ada daging.


Nah, teman teman pernah dengar ikan bawal nggak...? ikan yang cukup terkenal di Indonesia sebagai ikan air tawar konsumsi ini ternyata masih saudara dengan piranha lho, ikan yang banyak dibudidaya ini juga memiliki kecenderungan Karnivora (pemakan daging) meski sebenarnya bawal adalah ikan omnivora, jadi tidak semenyeramkan ikan piranha yang terkenal itu.

Teman teman meski suka makan ikan, tetap jangan lupa konsumsi sayur ya, meski ikan enak dan sehat tapi kalau tidak makan sayur tetap kurang baik, udah dulu nulisnya, sampai jumpa lagi ya teman, salam....


Kalau ada yang ditanyakan silahkan tulis dikolom komentar ya teman, dan jika ada yang ingin ikut menulis silahkan klik link Kontribusi sebagai dukungan...
Jangan lupa like Fanspage FB kami dan Share artikel ini, terima kasih..

About Aku Tau

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments :