Kenapa Kuda laut bentukna seperti Kuda...?

Akutau.com - Hai teman teman, Kali ini kita mau bahas lagi kuda laut nih, teman teman masih inget kan kemarin kita juga bahas kuda laut, tapi kali ini beda lagi, binatang lucu menggemaskan ini kenapa bentuknya seperti kuda yang ada didarat ya...? apa ada silsilah saudara atau ada legenda kutukan...? hahaha bercanda.... kita cari tau yuk kenapa kuda luat bentuknya mirip kuda, tapi kok kecil g bisa dinaiki...

Kuda laut merupakan spesies kerabat dekat ikan pipa (pipefish). Ikan pipa memiliki tubuh yang lurus panjang seperti pipa. Namun, kenapa tubuh kuda laut bentuknya seperti kuda?


Ternyata, menurut ilmuwan, tubuh kuda laut itu merupakan hasil proses evolusi. Dengan tubuhnya yang melengkung seperti huruf S, kuda laut mampu memburu mangsanya secara lebih efektif.

Seperti dikutip dari situs BBC, berdasarkan jurnal Nature Communication, dibandingkan dengan ikan pipa, kuda laut bisa menyerang mangsa mereka dari jarak yang lebih jauh.
Sam Van Wassenbergh, peneliti dari University of Antwerp Belgia, mengatakan bahwa lekukan leher kuda laut memungkinkannya untuk menangkap mangsa lebih jauh.

Seperti halnya ikan pipa, kuda laut berburu dengan cara menghisap mangsa melalui moncongnya. Namun, ikan pipa cenderung memburu dengan mengejar mangsanya.
Sementara, kuda laut cenderung diam dan menunggu hingga mangsanya, crustasea (hewan air kecil berkulit keras), lewat di depannya. Saat mangsa lewat di depannya, kuda laut akan memutar kepalanya ke arah atas dan membuka mulutnya dan menghisapnya.
"Teori saya adalah kuda laut berevolusi dari nenek moyang ikan pipa, menjadi hewan yang memiliki gaya hidup yang lebih tersembunyi," kata Sam kepada BBC.


Kuda laut sendiri merupakan hewan yang cukup unik. Tak seperti kebanyakan ikan, kuda laut adalah binatang yang monogamis. Mereka memilih pasangan sekali untuk seumur hidup.
Tak hanya itu kuda laut jantan merupakan satu-satunya spesies jantan yang hamil. Artinya, kuda laut tetap membuahi telur betina, namun, kuda laut jantanlah yang mengandung anak-anaknya.


Berarti kuda laut jantan merupakan sosok ayah yang baik hati ya teman teman...
hehehe, kalau ada yang ditanyakan silahkan tulis dikolom komentar ya teman, dan jika ada yang ingin ikut menulis silahkan klik link Kontribusi sebagai dukungan...




Jangan lupa like Fanspage FB kami dan Share artikel ini, terima kasih....

About Aku Tau

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

12 comments :

  1. wahh kuda lautnya imut2 banget yaa mas
    akuk baru tau lo fakta2 tentang kuda laut ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih kunjungannya... ^_^
      g bisa dinaiki tapi kuda yang ini, bisa penyok....

      Delete
  2. Replies
    1. enak, ada yang jual bentuk kering semacam ikan asin kok, juga dibudidaya sekarang kuda laut...

      Delete
  3. Pernah baca di Bobo jaman SD tetang kuda laut, tapi lupa hihi. Makasih udah diingetin lagi ya Mas Eky. Gemes banget liat kuda laut. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama, terima kasih kunjungannya... sekarang beli bobo dimana ya... :D

      Delete
  4. Kuda laut ini kalo di gambar, lucu untu-unyu ya kak
    Aslinya agak serem gitu. ngeruntel-ngeruntel wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, itu bukan serem, tapi jijik...
      wkwkwk... ada lendirnya pula....

      Delete
  5. Saya kira gak ada pejantan haamil hehehe
    Oh seperti itu

    ReplyDelete