Landak, binatang imut yang menyeramkan...

akutau.com - Hai sobat akutau.... siapa yang pernah melihat landak? Coba kalian perhatikan bulu di punggungnya, kelihatannya tajam sekali ya. Landak merupakan hewan mamalia yang unik. Keunikan tersebut tampak secara fisik berupa bulu yang menyerupai duri-duri yang ada di punggungnya. Fungsi duri-duri ini bukan membantu landak untuk menyerang, namun digunakan untuk bertahan dari serangan para pemangsa landak.
Jadi, pada saat landak diserang, duri-duri pada punggungnya akan mengembang sehingga membuat pemangsanya tertusuk. Nah, terbuat dari bahan apa sih pembentuk duri landak yang keras dan tajam ini?

Duri-duri ini merupakan modifikasi dari rambut yang terbuat dari protein keratin. Istimewanya, di setiap rambutnya, terdapat poros berongga dan otot tersendiri lho. Hal inilah yang menyebabkan duri landak dapat muncul saat landak merasa terancam.

Pada saat awal dilahirkan, landak memiliki sekitar 100 duri putih kecil yang muncul. Dalam beberapa jam duri putih kecil ini mengalami pengerasan. Setelah empat atau lima hari, duri-duri ini mulai tergantikan dengan duri keras yang berwarna lebih gelap, namun masih berukuran pendek. Pada akhirnya, sekitar usia dua sampai empat minggu, landak mulai mendapatkan mantel duri yang sempurna saat mereka dewasa. Diketahui duri yang terdapat pada landak dewasa berjumlah sekitar  kurang lebih 8000-9000 duri yang tumbuh. Wow!

udah dulu ya teman teman, sering sering baca ya biar kita banyak tau, sering mampir ke akutau.com biar kita semua makin banyak tahu....

Kalau ada yang ditanyakan silahkan tulis dikolom komentar ya teman, dan jika ada yang ingin ikut menulis silahkan klik link Kontribusi sebagai dukungan...
Jangan lupa like Fanspage FB kami dan Share artikel ini, terima kasih..


Sumber : http://www.orbitdigital.net

About Angel

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment