Tahukah Kamu, Kurma Tidak Hanya Berasal dari Arab?


akutau.com - Kamu tahu kan buah kurma, si manis yang banyak kita jumpai terutama di bulan Ramadan? Kurma berasal dari pohon kurma yang bentuknya seperti palem. Memang kurma termasuk keluarga palem, sih.

Kalau ditanya, dari mana asal kurma? Kebanyakan akan menjawab: dari Arab. Tidak salah, tapi ternyata kurma tidak hanya berasal dari Arab, lho. Sekarang ini perkebunan kurma sudah menyebar hingga ke Amerika dan Meksiko.




Ada banyak jenis kurma yang berasal dari berbagai daerah. Umumnya rasanya manis, tapi tiap jenis mempunyai rasa khas yang berbeda. Tekstur, warna dan bentuk buahnya pun berbeda-beda.

Kurma tumbuh dengan baik di negara yang beriklim gurun. Karena itu kurma banyak dijumpai di negara Arab seperti Arab Saudi, Yaman, Libya, Kuwait, Irak, dan Iran.

Selain itu Afrika juga termasuk daerah penghasil kurma, misalnya negara Tunisia dan Sudan. Letaknya yang dekat dengan negara-negara Arab menjadikannya mempunyai iklim yang sama.

India, Banglades dan Pakistan juga mempunyai perkebunan kurma. Kebanyakan bukan untuk diambil buahnya tetapi disadap getahnya untuk dijadikan minuman dan gula.

Kurma juga dijumpai di benua Amerika, tepatnya di negara Amerika Serikat dan Meksiko. Dahulu, orang-orang Spanyol yang memperkenalkan kurma ke Meksiko dan California di tahun 1765.

Negara bagian California, Arizona, Louisiana, Nevada, dan Florida mempunyai iklim gurun yang cocok untuk tumbuhnya kurma. Di Meksiko, kurma bisa ditemui di Sonora dan Baja California.

Empress adalah jenis kurma yang hanya didapati di California. Kurma ini dikembangkan dari kurma jenis Thuuri oleh keluargan DaVall dari kota Indio, California. Kurma Empress lebih besar, lebih lembut, dan lebih manis daripada kurma Thuuri.

Pada tahun 1927 Amerika pertama kali mengimpor kurma Medjool dari Maroko sebanyak sebelas batang. Saat itu penyakit bayoud membunuh hampir semua pohon kurma Medjool di Maroko.

11 pohon kurma Medjool selamat sampai di Amerika. Lalu Depatemen Pertanian Amerika menanamnya di kota Indio, California. Sekarang, semua pohon kurma Medjool di Amerika berasal dari 11 pohon Medjool legendaris itu.

Di California, banyak pemilik rumah yang menanam pohon Medjool di halamannya. Selain untuk diambil buahnya, juga karena pohon kurma  menambah cantik penampilan taman.

Banyak kan jenis kurma itu, dan sebenarnya masih banyak lagi jenis kurma yang ada di nuia ini, tapi yang kakak tau kurma itu manis, kalau beli nggak pernah tanya dari mana kurma ini berasal, hehehe... tetep rajin baca ya teman teman biar makin banyak tau, salam akutau.com...

About Peter S.

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment