Tahukah teman, apa sudah benar cara cuci tangan kita...?



SUDAH BENARKAH CARA CUCI TANGAN KITA?
Oleh: Lhona

akutau.com - Salam sehat anak Indonesia! Masih ingat tidak topik sebelumnya yang membahas tentang bakteri E. Coli? Itu tu, bahasan tentang bakteri jahat yang bisa masuk ke tubuh kita dan membuat kita sakit. Nah salah satu tindakan untuk mencegahnya adalah dengan mencuci tangan. Sekarang kita ingat-ingat lagi deh, selama ini kita cuci tangannya bagaimana? Sudah benar atau belum? Pakai sabun atau tidak? Oke, sekarang kita bahas lebih dalam ya.


Badan Kesehatan Dunia yang biasa disebut dengan WHO, telah membuat ketentuan bagaimana cara mencuci tangan yang benar. Tujuannya agar bakteri dan kuman jahat di tangan kita hilang semua. Cuci tangan yang benar itu adalah dengan menggunakan sabun. Ini telah terbukti sangat ampuh mengurangi kuman dan bakteri jahat, sehingga kita bisa terhindar dari penyakit  seperti  diare dan penyakit paru.


Biasanya, dalam sehari kita mencuci tangan berkali-kali kan ya? Tapi minimal kita harus mencuci tangan lima kali sehari, yaitu sebelum makan tiga kali sehari, setelah ke toilet, dan saat mandi.

Nah, bagaimanakah langkah-langkah mencuci tangan yang benar menurut WHO. Ternyata cukup 30 detik saja. Cara gimana tuh?


Caranya, teman-teman, awali mencuci tangan dengan membasahi telapak tangan di bawah air mengalir, lalu usapkan sabun cuci ke tangan teman-teman. Setelah itu, lakukan 6 langkah berikut:
  1. Usapkan kedua telapak yang sudah bersabun tadi, secara berulang-ulang
  2. Gosokkan telapak tangan yang kanan ke atas punggung tangan kiri, kemudian lakukan sebaliknya secara berulang-ulang
  3. Gosokkan sela-sela jari saling terkait secara berulang-ulang
  4. Letakkan punggung jari pada telapak satunya dengan jari saling mengunci secara berulang-ulang
  5. Jempol kanan digosok memutar oleh telapak kiri dan sebaliknya secara berulang-ulang
  6. Jari kiri menguncup, gosok memutar ke kanan dan ke kiri pada telapak kanan, dan sebaliknya secara berulang-ulang
Bilas kedua telapak tangan dengan air mengalir lalu keringkan dengan handuk bersih.

Nah, mudah kan caranya? Jangan lupa latihan ya, agar semua kuman dan bakteri jahat di seluruh telapak tangan kita terbasmi, dan kita terhindar dari penyakit infeksi (serangan kuman). Yuk, cintai tubuhmu.

Sumber:
1.      Sukamda, M. (2015). 6 Langkah Cuci Tangan Yang Benar. Diakses dari http://momdadi.com/ pada tanggal 20 Juni 2016
2.      https://s-media-cache-ak0.pinimg.com diakses pada tanggal 20 Juni 2016

About Aku Tau

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment