Tahukah teman, Bagian Lidah Manakah yang Merasakan Rasa?



akutau.com

Akutau.com - Taukah kamu lidah merupakan  salah satu indera yang kita miliki sebagai pengecap yang berfungsi salahsatunya membantu pencernaan makanan dengan  mengunyah atau menelan.

Lidah adalah kumpulan otot rangka pada bagian lantai mulut yang dapat membantu pencernaan makanan dengan mengunyah dan menelan. Lidah dikenal sebagai indera pengecap yang banyak memiliki struktur tunas pengecap. Lidah juga turut membantu dalam tindakan bicara.Juga membantu membolak balik makanan dalam mulut. Tanpa adanya lidah kita tidak bisa merasakan rasa pedas,manis,asin,asam, dll. 

akutau.com


Coba julurkan lidahmu, jika diperhatikan ada bintil-bintil kecil atau tonjolan-tonjolan kecil yang disebut papilla yang merupakan terdapat saraf pengecap dan terletak pada seluruh permukaan lidah. Saraf-saraf inilah yang bisa merasakan berbagai macam rasa.
Semua rasa dapat dirasakan oleh permukaan  lidah,  namun terdapat bagian lidah yang paling sensitif merasakan rasa tertentu. Nah, bagian mana sajakah itu ? yuk kita bahas..

akutau.com

Rasa manis lebih dirasakan pada lidah bagian ujung depan
Rasa asin lebih dirasakan pada pinggir depan lidah
Rasa asam lebih dirasakan sepanjang tepi lidah
Rasa pahit lebih dirasakan sepertiga belakang lidah
Nah sekarang sudah tahu kan bagian lidah mana sajakah yang bisa merasakan keempat rasa tersebut..
Pada dasarnya rasa hanya mempunyai 4 jenis saja namun ternyata ada yang dinamakan  rasa umami loh apa itu umami?
 
akutau.com

Umami/u;’ma:mi/ dari kata bahasa jepang artinya gurih atau lezat merupakan salah satu bagian dari lima rasa dasar, dimana rasa dasar itu terdiri dari manis,asam, pahit, dan asin. Rasa gurih atau umami dapat diperoleh secara alami dari macam-macam makanan seperti kaldu ayam, kaldu sapi, kerang ,keju, dan sebagainya yang mengandung glutamat yaitu yang terbentuk secara alami dapat ditemukan  pada daging dan sayuran. 

Artikel ini kiriman dari kak anisa rahmah terima kasih kak ya kirimannya, buat temen temen yang juga mau kirim artikel, cerpen, dongeng atau fabel, kirim aja yuk ke redaksi@akutau.com salam akutau.com, mari berbagi cerita, ilmu dan pengetahuan, wujudkan generasi baca Indonesia.

About Aku Tau

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment