Tahukah teman, kenapa kita bisa bersin...? (Tahukah kamu)



MENGAPA KITA BISA BERSIN?
Oleh: Lhona

akutau.com - Salam sehat anak Indonesia! Bagaimana kabarnya teman-teman semua?
Nah..nah.. ada yang habis bersin tuh. Hidungnya jadi gatal-gatal begitu.

Eh, teman-teman, pernah bersin kan, ya? Bagaimana sih ceritanya kok kita semua bisa bersin? Oke, kali ini kita akan kupas habis tentang bersin ya. Yuk, simak baik-baik.

akutau.com

Bersin merupakan sebuah peristiwa terjadinya ledakan aliran udara yang sangat cepat melalui mulut dan hidung. Peristiwa ini terjadi di luar kemauan kita, atau tanpa kita perintahkan.

Biasanya bersin terjadi karena ada benda-benda asing yang mengganggu dalam hidung kita. Baik itu bakteri, virus, debu, ataupun kelebihan cairan (ingus) di saat flu atau dingin.

Pada permukaan bagian dalam hidung kita, terdapat banyak ujung-ujung saraf yang sangat peka dengan adanya benda asing tersebut. Sehingga ketika benda asing tersebut masuk ke hidung dan menyentuh ujung-ujung saraf itu, secara otomatis akan terjadilah bersin. Tujuannya untuk menyingkirkan benda-benda asing tersebut.

Kecepatan udara disaat melewati hidung dan mulut sewaktu kita bersin bisa mencapai 166 kilometer per jam. Berarti dalam satu detik bisa mencapai jarak 46 meter, atau lebih panjang sedikit dari panjang sebuah lapangan bola futsal, lho. Cepat kan?

Disaat bersin kita akan mengeluarkan sampai 100.000 butiran kecil lendir dan mikro organisme (makhluk hidup berkuran sangat kecil, seperti bakteri dan virus jahat penyebab penyakit). Nah, itu sebabnya, disaat kita bersin, sebaiknya kita menutupi hidung dan mulut kita dengan telapak tangan, tisu, atau sapu tangan. Karena mikro organisme yang keluar dari bersin kita tadi dapat juga membahayakan orang lain.

akutau.com

Nah, sudah terjawab kan ya? Ternyata bersin itu adalah sebuah usaha tubuh dalam melindungi diri dengan mengeluarkan banyak benda asing, bakteri, dan virus jahat yang ada di dalam saluran nafas kita. Nanti, kalau teman-teman bersin jangan lupa tutup hidung dan mulutnya, ya. Yuk, cintai tubuhmu.


Sumber:
1.      http://kumpulan.info


About Aku Tau

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment