Tahukah teman, siapa pelukis uang rupiah...?



SIAPAKAH PELUKIS DESAIN UANG RUPIAH?
Oleh: Lhona


akutau.com - Salam ilmiah anak Indonesia! Bagaimana kabarnya teman-teman Akutau?

Cek isi dompet, yuk. Coba lihat uang yang teman-teman punya. Ternyata pada tiap-tiap uang rupiah kita, terdapat gambar-gambar pahlawan dan juga pemandangan yang ada di Indonesia, yah. Pernahkah terpikir olehmu siapakah yang menggambar itu semua?

Yuk, temukan jawabannya pada uraian di bawah ini.

Gambar yang ada pada mata uang kita, bukanlah hasil rekayasa komputer. Melainkan buatan tangan manusia, lho. Salah satu seniman Indonesia dengan kemampuan istimewa yang bisa membuat desain pada mata uang rupiah tersebut adalah Pak Mujirun. Bapak ini merupakan seorang engraver atau pengukir gambar.

Bapak ini berasal dari Yogyakarta. Merupakan pensiunan pegawai perusahaan Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri). Berbagai karya gambar Pak Mujirun telah digunakan dalam mata uang kertas rupiah pada era 70an sampai akhir 90an. Mulai dari uang pecahan Rp 100 hingga Rp 50 ribu.

Pak Mujirun mendapatkan pendidikan formal dari Sekolah Seni Rupa Yogyakarta. Kemudian beliau mengikuti seleksi di Peruri untuk menjadi calon engraver untuk menggantikan engraver senior sebelumnya. Dari sekian banyak yang diseleksi, Pak Mujirun menjadi satu-satunya calon engraver yang lolos di Peruri. Setelah itu Pak Mujirun diberangkatkan ke Italia untuk belajar engrave lalu ke Swiss untuk belajar engrave standar mata uang.

Pekerjaan engrave Pak Mujirun bukan pekerjaan mudah dan remeh. Engrave bagi mata uang adalah salah satu pengaman mata uang. Makanya perlu dibuat serumit mungkin, namun tetap menghasilkan gambar yang realistis.

Proses kerja Pak Mujirun diawali dengan membuat gambar. Kemudian beliau akan mengukir pelat baja sama persis seperti gambar yang telah dibuatnya tadi. Biar hasilnya lebih detail bapak ini menggunakan kaca pembesar. Pak Mujirun harus melakukannya perlahan-lahan, garis demi garis, teliti dan tidak ada kesalahan. Karena jika salah, Pak Mujirun harus mengulang ukirannya dari awal, tentu pada pelat yang baru. Wah, rumit sekali ya.

Dulu, selain menjadi engraver, Pak Mujirun juga penah menjadi pelukis lepas. Karya-karyanya dihargai tinggi karena memang tingkat kerumitannya juga tinggi. Contohnya gambar Presiden SBY yang gambarnya bisa kamu lihat di bawah ditaksir senilai Rp 25 juta. Nilai itu wajar karena proses pembuatan lukisan dengan metode arsir ini butuh waktu lama dan ketelitian tinggi. Untuk 1 potret wajah seukuran A4 lama pengerjaannya adalah 1 bulan.


Nah, sekarang sudah tahu kan ya? Ternyata Indonesia memiliki orang-orang keren. Mau jadi orang keren juga? Yuk, gali ilmu lebih dalam.

Seperti yang kamu tahu, Sumber:
2.      http://motzter.com
3.      http://dhan.staff.ub.ac.id

About Aku Tau

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment