Tahukah teman, siapa penemu mesin atm...?



Tahukah kamu, siapa penemu mesin ATM...?
Oleh: Lhona

akutau.com - Salam ilmiah anak Indonesia! Apa kabar nih sobat setia Akutau? Semoga sehat-sehat saja ya. Hmm.. kali ini kita bahas tentang ilmuan yuk.

Sebelumnya, teman-teman pernah menemani orang tuanya mengambil uang ke mesin ATM tidak? Kalau sudah, pasti kagum yah, ada mesin keren buatan manusia yang bisa mengeluarkan uang sendiri. Kita kan jadi tidak perlu repot-repot ke BANK untuk mengambil uang. Coba bayangkan kalau orang tua kita lagi butuh uang tapi BANK-nya sudah tutup. Kalau tidak ada mesin ATM pasti orang tua kita jadi kesulitan, kan ya?


Nah, ingin tahu siapa penemu mesin ATM ini pertama kali? Oke, simak bahasan berikut yuk ^_^

Ada 3 orang yang punya ide untuk menciptakan mesin ATM ini. Pertama, Luther Simjian, merupakan ilmuwan yang lahir di negara Turki. Beliau adalah orang pertama yang mencetuskan ide pembuatan ATM di dunia pada tahun 1939. Sayangnya, saat itu ATM masih belum "laku". Orang-orang masih memilih mengambil uang secara langsung datang ke bank dan bertemu petugasnya.

Beberapa tahun kemudian, pada tahun 1965, orang kedua, John Shepherd Barron, seorang direktur percetakan dokumen keuangan De La Rue di Inggris, juga mencetuskan ide pembuatan mesin ATM. Beliau terinspirasi setelah gagal mengambil uang di BANK karena telat satu menit dan BANK telah tutup. Beliau juga terinspirasi dari mesin penjual cokelat otomatis yang sedang tren saat itu.

Pada 1968, orang ketiga, Don Wetzel, seorang ahli dari Docutel Corp Texas, mengembangkan ATM berjaringan pertama yang bernama Docuteller. Hasil penemuannya digunakan oleh BANK “Chemical Bank of New York” pada 1969.

Nah, berkat jasa ketiga orang penemu itu, masyarakat dunia telah mulai mengenal ATM mulai tahun 1960-an. ATM masuk dan diperkenalkan pertama kali di Indonesia pada tahun 1980-an,. Salah satu bank di Indonesia yang pertama kali menggunakan mesin ATM pada tahun 1986 adalah Hong Kong Bank.


Nah, sudah terjawab kan ya siapakah orang yang berjasa dalam menemukan mesin ATM? Mari gunakan mesin ini untuk kepentingan-kepentingan positif. Jagalah sarana umum yang ada demi kepentingan bersama. Yuk, terus gali ilmu!

Sumber:
  1. http://teknologi.inilah.com/
  2. http://www.jpnn.com

About Aku Tau

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment