Tahukah teman, Ternyata gigi juga butuh mandi...



TERNYATA GIGI PUN BUTUH MANDI
Oleh: Lhona


akutau.com - Salam sehat anak Indonesia! Ngomong-ngomong masalah mandi nih, sudah pada mandi belum hari ini? Ayo, yang belum mandi seharian, bisa gatal-gatal lho badannya.

Kawan-kawan semua tau nggak sih, ternyata gigi juga butuh mandi. Ah, masa’ iya, gigi mandi juga? Iya, benar. Namanya menyikat gigi. Hehe.. iya benar, menyikat gigi. Atau bahasa lainnya menggosok gigi. Nah pertanyaan lagi nih, hari ini kawan-kawan sudah pada gosok gigi, belum? Minimal dua kali sehari, lho? Pagi hari sama sebelum tidur. Kalau sudah, gimana coba cara menyikat gigi yang benar? Ayo..gimana..?

akutau.com

Nah, dikasih tips deh, bagi yang masih bingung sambil ngebayangin tadi gimana nyikat giginya. Teknik yang benarnya yaitu, sebagai berikut:

  1. Sikat gigi bagian depan baik atas maupun bawah dengan gerakan naik turun.
  2. Untuk permukaan samping, baik samping kiri maupun yang kanan, sikat dengan gerakan maju mundur. Sebaiknya juga dengan gerakan memutar, seperti bikin bulat-bulat.
  3. Kemudian sikat permukaan gigi yang dekat dengan lidah, gerakannya maju mundur juga. Kedua bagian gigi ya, atas sama bawah.
  4. Untuk bagian dalam gigi yang di depan, sikat dengan gerakan dari arah dalam ke arah luar, jangan lupa kalau bagian dalam gigi depan yang atas sudah selesai, bagian dalam gigi depan yang di bawah juga ya.
  5. Terakhir gosok permukan gigi dengan gerakan maju mundur. Bagian atas sama bagian bawah juga. Selesai deh.

akutau.com

Terus, jika kamu punya sikat gigi elektrik (memakai tenaga listrik) biasanya bulu-bulu pada gundar gigi memiliki gerakan memutar secara tomatis. Gerakan itu juga berfungsi untuk memijat gusi. Jika memakai sikat gigi biasa, lakukan juga gerakan memutar ini, seperti pada poin 2.

Kawan-kawan juga tidak perlu terlalu keras menyikat gigi. Menyikat gigi dengan pelan justru membantu mengangkat sisa-sisa makanan di sela-sela gusi.

akutau.com

Sebaiknya kawan-kawan juga dibantu oleh orang dewasa memakai dental floss (benang gigi) untuk mengangkat sisa-sisa makanan di sela-sela gigi. Sisa-sisa makanan ini bisa menimbulkan lubang. Dan jika sudah muncul lubang, bisa menimbulkan nyeri dan penyakit gusi. Untuk menjaga kondisi gigi, setiap 6 bulan sekali kawan-kawan sebaiknya dibawa ke dokter gigi untuk dilakukan pemeriksaan gigi.

akutau.com

Nah, ternyata simpel yah cara gigi kita mandi dengan benar. Teman-teman cobain di rumah ya, kalau selama ini belum melakukannya dengan cara yang sama. Jaga kesehatan gigimu ya. Yuk, cintai tubuhmu.



 Sumber:
PakarGIGI.com. (2015). Beginilah Cara Menyikat Gigi yang Benar!. Diakses dari http://www.pakargigi.com pada tanggal 20 Juni 2016

About Aku Tau

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment