Tahukah kamu, kenapa layang layang bisa terbang


akutau.com - Hai teman teman, hmmm... lagi musim apa nih ditempat teman teman, lagi musim liburan juga nggak ya...? hehhehe... biasanya kalu liburan gini suka main g kenal waktu, inget dulu kakak suka main layang layang sampai petang baru pulang, alhasil kena marah lah, hehe, jangan ditiru ya teman...

hmm,,, ngomong ngomong soal layang layang nih, teman pernah kefikiran nggak sih kenapa layang layang bisa terbang...? atau ada yang tau kenapa layang layang bisa terbang...? nah ada yang tau ya layang layang terbang karena angin, tapi kenapa angin bisa menerbangkan layang layang...? cari tau yukkk...!!!

Layang-layang bisa terbang karena ada gaya yang mengangkat layang-layang membubung ke atas. Gaya ini sering kita sebut dengan Gaya Angkat Aerodinamis, sama halnya dengan gaya yang menyebabkan pesawat bisa terbang. Gaya angkat ini diperoleh dari adanya perubahan kecepatan udara yang yang menentang layang-layang. Ketika angin yang berhembus dengan kecepatan v terhalang oleh bidang diam (misalnya permukaan layang-layang) maka akan terjadi energi kinetik sebesar (1/2) mv^2 yang mengangkat layangan dimana m adalah massa udara yang berhembus.

Jadi syarat agar layang-layang dapat terbang di angkasa adalah adanya angin yeng berhembus dan tali/benang yang dapat membuat layang-layang bertahan ditempatnya. Jika tak ada angin tak akan terjadi gaya angkat aerodinamik, atau jika benangnya putus, layang-layang tak mungkin "terbang" melainkan melayang mengikuti arah angin untuk kemudian jatuh ke bumi akibat adanya gaya tarik bumi. yang melebihi gaya angkat aerodinamis.

hm... kalau pesawat kenapa ya bisa terbang...? kita cari tau nanti ya teman teman, tetap baca biar makin banyak tau ya teman, salam akutau....

Baca Juga yuk : Kenapa pesawat bisa terbang...?

About Aku Tau

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 comments :

  1. Ini mainan favorit ane kecil dulu..
    btw selama mainan ya asal main sih, nggak peduli kenapa bisa terbang tuh kenapa..
    setelah baca postingan diatas jadi lumayan paham :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih kak... ^_^
      pengalaman saya nerbangin layang layang langsung nyungsep ke selokan, jadi g dilanjutin sampai sekarang,,, hahaha...

      Delete