Tahukah kamu, kenapa kita merasa lapar...?



akutau.com - Hai teman teman, sudah makan belum nih...? yang belum apa tidak merasa lapar...? hm... tapi kenapa sih kita pasti merasakan lapar, dan setelah makan kita pasti merasa kenyang...?
Rasa lapar dan kenyang adalah hal biasa untuk setiap orang, tapi pernah terpikirkah kita kenapa kita selalu merasa lapar dan kenyang setelah makan...? cari tau yuk....

Merasakan  lapar adalah hal yang wajar bagi kita semua. Rasa lapar merupakan suatu sinyal yang mengatakan bahwa kita memerlukan tambahan  energy dalam tubuh kita. Rasa lapar inilah yang membuat kita untuk makan yang dipicu oleh hormon ghrelin (Hormon ghrelin adalah hormon yang diproduksi tubuh yang paling banyak diproduksi didalam lambung kita )dalam darah.
Ghrelin adalah hormon yang digunakan oleh tubuh untuk mengirim sinyal ke otak untuk meningkatkan nafsu makan pada saat tubuh lapar dan membutuhkan makanan. Kadar hormon ghrelin akan menurun secara berkala setelah tubuh mulai menyerap nutrisi dari makanan.



Rasa lapar timbul ketika bahan-bahan gizi tertentu yang ada dalam darah hilang. Karena ketika pembuluh-pembuluh darah kekurangan bahan-bahan bergizi tersebut, maka sebuah pesan akan dikirim ke otak yang dinamakan “pusat rasa lapar”. Dimana pusat rasa lapar Ini bertugas sebagai rem aktivitas lambung dan usus. Ketika darah mendapat cukup materi nutrisi, maka pusat rasa lapar menghentikan aktivitas dalam lambung dan usus. Tetapi, kalau kekurangan nutrisi, usus dan lambung menjadi aktif, dan menyebabkan udara menjadi kesana kemari.  Itulah sebabnya kalian dapat mendengar perutmu berbunyi kalau kalian lapar.
 
Tapi rasa lapar itu sendiri tidak ada hubungannya dengan perut kosong. Contohnya, orang yang sedang demam dapat mempunyai perut kosong dan tidak merasa lapar. Tubuhnya menggunakan persediaan protein untuk memberi makan dari dalam.
 
Terkadang orang kalau merasa benar-benar lapar dan tak ada makanan disekitarnya pasti dia minum air untuk menghilangkan rasa lapar itu. Tapi pasti rasa kenyang itu berbeda dengan kita memakan sepiring nasi dan lauk-pauk. Karena kalau kita memakan nasi berbagai zat gizi yang terdapat dalam makanan seperti lemak, protein, karbohidrat bisa merangsang produksi hormon yang menghantarkan signal rasa kenyang seperti Kolesistokinin ke otak untuk diproses. Sedangkan air putih tidak memiliki kandungan zat gizi tersebut sehingga tidak mampu menimbulkan rasa kenyang yang memuaskan karena tidak adanya penghantaran signal kenyang tersebut ke otak. Itulah yang membedakan sensasi kenyang yang berbeda tersebut.
 
Jadi sekarang sudah sedikit tau kan kenapa kita bisa merasa lapar...? ehm, lain kali kita bahas yang lain lagi ya, termasuk kenapa kita juga merasa kenyang... bahkan sampai kekenyangan, hehehe... sampai ketemu ya teman teman, sampai jumpa... salam akutau.com

About Aku Tau

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 comments :

  1. hemm...gitu ya. aku jadi tau deh..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. walah om beni.... wkwkwk... main kesini om.... g usah nunggu jadwal ngumpul....

      Delete