Tahukah Kamu Mengapa Kucing Suka Memanjat Pohon?


Mengapa sih kucing suka memanjat pohon dan tempat-tempat tinggi lainnya seperti tembok, rak, bahkan atap rumah? Jawabannya adalah karena kucing hewan pemburu sekaligus ia diburu juga oleh hewan lain.

Di alam liar mangsa kucing adalah hewan kecil seperti tikus dan burung. Kadang kucing memanjat pohon untuk menangkap burung. Ia akan menunggu diam-diam di pohon sampai burung lengah dan hap, lalu ditangkap.

Memanjat ke tempat yang tinggi juga memudahkan kucing untuk melihat mangsanya. Kucing bisa melihat apakah ada tikus yang sedang berjalan. Kalau ada ia akan segera turun dan mengejarnya.

Kucing memang terlahir dengan cakar yang sangat membantu untuk memanjat. Dahulu kucing banyak yang hidup di hutan, sehingga kemampuan menanjatnya semakin berkembang.

Selain untuk mencari makan, kucing juga menggunakan pohon untuk bersembunyi. Kucing sering diburu oleh hewan seperti anjing liar, coyote, dan hewan karnivora besar lainnya.

Hewan pemangsa kucing itu pada umumnya bukan pemanjat yang baik. Maka kucing akan buru-buru memanjat pohon jika dikejar pemangsanya. Di atas pohon, kucing akan aman menunggu sampai pemangsanya pergi jauh.

Sekarang kucing sudah banyak yang didomestikasi menjadi hewan peliharaan. Namun kebiasaannya memanjat tidak hilang. Meski ia di dalam rumah yang aman, kucing masih sering memanjat rak, lemari, meja, atau kursi sekedar untuk bermain.

Kebiasaan memanjat itu juga masih berguna untuk keamanan kucing peliharaan. Jika ia melihat ada anjing yang tak dikenal datang misalnya, kucing akan segera memanjat tembok terdekat untuk berjaga-jaga kali aja itu anjing mau menyerangnya.

Selain kemampuan memanjat, kucing juga mahir mendarat dari tempat tinggi. Kamu mungkin pernah melihat kucing yang melompat dari tembok dan mendarat mulus dengan keempat kakinya.

Wah, ternyata ada sebabnya ya mengapa kucing suka memanjat. Jadi mulai sekarang kamu tidak heran lagi dengan kebiasaan kucing yang satu itu.

About Purwanto

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment